Pages

Senin, 12 April 2010

Cara Alami Pengobatan Batuk dan Pilek pada Anak

Batuk dan pilek hal yang umum dan sering dialami oleh anak-anak. Menurut ilmu Naturopathy, batuk dan pilek tidak selalu reaksi negatif tubuh, bahkan itu merupakan bagian dari reaksi positif tubuh untuk mengeluarkan kelebihan racun yang menumpuk pada saluran pernapasan yang kerap terjadi. Produksi lendir/dahak(slem) ketika kita mengalami batuk dan pilek merupaka proses positif tubuh dalam membuang racun, walaupun prosesnya selalu tidak nyaman. Tugas kita adalah membantu proses tubuh agar ketidaknyamanan itu tidak berlangsung terlalu lama. Apabila gejala ini diatasi dengan baik dan benar, batuk dan pilek akan dengan cepat sembuh.

           Sumber foto http://www.kompas.com/

Cara penanganan batuk dan pilek pada anak:
  1. Usahakan minum air putih hangat sesering mungkin, ini akan membantu proses pengeluaran slem lebih cepat.
  2. Berikan jus jeruk dan madu dengan royal jelly dua kali dalam sehari, pagi kala perut masih kosong dan malam sebelum tidur.
  3. Ajari anak menghirup uap air panas yang dicampur beberapa ramuan herbal pagi dan sore hari selama 10-15 menit atau semampunya (cara membuatnya didihkan 1 liter air, lalu campurkan satu ruas jari potongan jahe, sejumput cengkeh, satu sendok makan garam dan sedikit mint kalau ada). Uap air inilah yang dipakai sebagai obat inhalasi untuk melonggarkan saluran nafas dan mengeluarkan slem.
  4. Kompres hangat sekitar hidung, kening, muka dan bagian dada. Gunakan handuk kecil yang dicelupkan ke air panas, lalu diperas dan ditempelkan selama 30 menit sampai 1 jam.
  5. Pijat bagian muka terutama sekitar mata dan kening dengan baby oil. Pijat juga bagian badan dan punggung belakang dengan minyak hangat.
  6. Buatlah obat batuk dengan ramuan alami sendiri, caranya: didihkan 4 gelas air, lalu campurkan 1 ibu jari jahe, 1 ibu jari laos, 1 ibu jari kayu manis, 2 batang serai, semua diiris-iris, lalu tambahkan 6 lembar daun sirih yang dipotong-potong dan sejemput cengkeh. Biarkan hingga sisa air tinggal 2 gelas lalu minumkan masing-masing dipagi dan sore hari ditambah dengan 2 sendok makan madu
  7. Ketika anak tidak punya selera makan berikan air madu hangat sesering mungkin ditambah dengan jus buah-buahan secukupnya.

Sumber dari buku 'Tubuh Anda adalah Dokter yang Terbaik' pengarang DR. Husen A. Bajry, M.D., Ph.D

0 komentar:

Posting Komentar