Pages

Rabu, 07 April 2010

Manfaat Seledri

Selain untuk penambah citarasa pada masakan, ternyata seledri juga punya banyak manfaat lainnya, yaitu:
  1. Seledri dapat diolah menjadi shampo untuk melebatkan dan menyuburkan rambut, dibuat jus untuk minuman kesehatan, sebagai masker untuk mengurangi minyak diwajah, bahkan mengkonsumsi seledri dapat membersihkan noda pada email gigi.
  2. Seledri berkhasiat sebagai antirematik, penenang (sedatif), bersifat meluruhkan airseni (diuretik) dan antiseptik.
  3. Daun dan batang seledri dapat membantu pengeluaran asam urat dari tubuh, pembersih darah, menghentikan perdarahan dan menurunkan tekanan darah.
  4. Antihipertensi. Seledri terbukti berhasil menurunkan tekanan darah tinggi karena aktivitasnya sebagai calcium antagonis yang berpengaruh pada tekanan darah. Ini artinya senyawa aktif dalam seledri bekerja pada reseptor pembuluh darah yang hasil akhirnya memberi efek relaksasi. Pada penderita hipertensi saat tekanan darah naik maka pembuluh darah akan mengencang/menegang padahal normalnya hanya berdenyut saja. Karena memberi efek relaksasi, konsumsi seledri bisa mengurangi ketegangan pembuluh darah.
  5. Antibakteri. Minyak biji seledri ampuh mengatasi serangkain bakteri seperti streptococcus faecalis (penyebab pembengkakan lapisan dalam jantung),bacillus pumilus (menyebabkan keracunan makanan),salmonella typhi (penyebab diare yang disertai demam tifoid/thypus), psedomonas solanacearum, staphyllococcus typhi, staphyllococcus albus (penyebab penyakit bisul).
  6. Anti inflamasi yaitu dapat menghilangkan radang.

                       
                    Gambar dipinjam dari radensomad.com
           
Resep herbal seledri

Hipertensi
Siapkan 20 batang seledri cuci sampai bersih. Masukkan dalam panci bersama 2 gelas air. Rebus hingga tersisa 3/4 nya. Angkat, dinginkan, lalu minum 2 kali sehari bersama ampasnya.

Penyubur rambut
Ambil 10-15 tangkai seledri lalu dihaluskan. Setelah keramas oleskan seledri yang dihaluskan tadi ke kulit kepala dan rambut. Lakukan pemijatan ringan. Kemudian bungkus kepala dengan handuk. Diamkan selama kurang lebih 1/2 jam. Setelah itu bilas hingga bersih. Lakukan secara teratur beberapa kali seminggu.

Rematik
Batang dan daun seledri dicuci sebanyak 1-2 genggam. Cuci bersih seledri, potong kecil-kecil, lalu rebus dalam 2 gelas air hingga tersisa satu gelas. Angkat, dinginkan lalu saring. Minum sekaligus hingga habis. Selain itu gunakan seledri sebagai lalap.

Wajah berminyak
Sediakan 3 batang seledri cuci bersih kemudian iris kecil-kecil, seduh dan tutup. Setelah dingin simpan di lemari es. Menjelang tidur malam, oleskan sari seledri ke wajah yang sudah bersih. Setelah kering baru bilas muka hingga bersih. Lakukan dengan teratur.

Sumber buku Herbal Indonesia Berkhasiat, bukti ilmiah & cara racik terbitan Trubus

0 komentar:

Poskan Komentar