Pages

Selasa, 27 April 2010

Pilih Makanan yang Tepat

Badan Lesu
Rendahnya tingkat energi dalam tubuh dapat diatasi dengan mengkonsumsi karbohidrat. Sebenarnya buah buahan manis seperti pisang, kurma (yang mengandung gula alami), maupun buah yang dikeringkan seperti kismis juga dapat menaikkan tingkat energi dengan cepat. Akan tetapi dengan mengkonsumsi karbohidrat, efeknya akan bertahan lebih lama dibanding dengan mengkonsumsi buah-buahan.
Makanan yang banyak mengandung zat besi seperi daging merah, kacang yang dikeringkan, sayuran hijau, juga mampu untuk mengembalikan kebugaran tubuh.

Bila Insomnia
Jika anda menderita insomnia(sukar tidur) maka otomatis tubuh selalu akan merasa letih. Atasi masalah insomnia dengan segelas susu skim(susu rendah kalori) hangat sebelum tidur, karena susu skim mengandung zat asam amino yang membuat tubuh merasa relaks.

Bila Stress
Cobalah atasi stres dengan meminum susu skim. Juga bisa dicoba dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, cereal, pasta. Karbohidrat mampu untuk menaikkan kadar zat serotonin dalam otak yang bermanfaat untuk memberi rasa tenang. Dari penelitian, diketahui pula bahwa mengkonsumsi coklat(baik dalam bentuk padat maupun dalam bentuk minuman hangat) dapat menaikkan kadar serotonin tersebut.

Bila Gelisah
Perasaan cemas serta gelisah dapat diredakan dengan mengkonsumsi makanan yang 'renyah' seperti apel atau wortel. Gerakan mengunyah yang terus menerus dilakukan ketika mengkonsumsi makanan yang renyah ini akan membantu anda untuk melepaskan ketegangan. Karbohidrat juga banyak membantu untuk menenangkan perasaan.

Bila Pusing
Banyak rasa pusing yang disebabkan oleh tingginya jumlah gula dalam makanan . Hindarilah makanan instan serta makanan yang diawetkan karena kedua jenis makanan ini selain mengandung banyak gula, juga mengandung banyak bahan awetan yang dapat menimbulkan reaksi alergi berupa pusing. Sebaiknya perbanyaklah makan makanan alami berupa sayuran dan buah-buahan. Misalnya bayam, kangkung, jeruk, wortel, pisang, mangga, tomat dan melon.

Bila Depresi
Makanan yang tepat untuk mengatasi perasaan depresi(hilang semangat) adalah makanan yang mengandung protein rendah lemak seperti ikan dan ayam. Sumber protein rendah lemak seperti kedua jenis daging ini mengandung banyak zat besi yang membantu meningkatkan sel darah merah, serta vitamin B yang sangat baik untuk meningkatkan energi.
Makanan ini juga bermanfaat untuk mengatasi masalah sulit berkonsentrasi. Selain sumber protein rendah lemak, sumber makanan lain yang juga bermanfaat untuk mengatasi masalah sulit berkonsentrasi adalah gandum(termasuk roti yang mengandung gandum yang tidak dihaluskan atau whole wheat bread), nasi, serta cereal.
Mengkonsumsi kopi juga dapat digunakan untuk mengatasi depresi maupun sulit berkonsentrasi. Akan tetapi batasilah seminimal mungkin untuk menghindari timbulnya ketergantungan. Juga jangan campur dengan krim yang sarat lemak untuk mencegah kelebihan kalori. Makanan yang tinggi lemak/kalori justru dapat membuat tubuh makin lelah dan lesu karena akan memaksa tubuh untuk mencernanya.

Sumber: majalah Lisa

0 komentar:

Posting Komentar