Pages

Selasa, 22 November 2011

6 Jurus Baterai Ponsel Lebih Awet

Saat ini, sudah bisa dibilang kehadiran ponsel menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Banyak hal jadi dimudahkan dengan hadirnya ponsel. Namun, apa arti ponsel tanpa baterai? Berikut tips menjaga ponsel beserta baterainya agar tetap dalam kondisi prima dalam waktu yang lama.
Ponsel tak ada artinya jika tanpa baterai. Tak heran jika banyak orang selalu mengisi baterainya sebelum berangkat ke mana-mana. Namun, bagaimana jika di tengah-tengah jalan baterai drop dan Anda tak memiliki cadangan?
Mungkin Anda pernah mengalami hal ini. Ada dua penyebab baterai drop, yang pertama adalah karena kualitas baterai Anda yang di bawah standar. Kedua, karena pemakaian ponsel yang tak efisien. Agar baterai ponsel Anda dapat "hidup" lebih lama, simak beberapa jurus berikut:

1. "Brightness" ponsel
Redupkan brightness layar ponsel Anda hingga lima puluh persen agar energi baterai yang terpakai lebih hemat. Aturlah durasi backlight Anda, jangan biarkan menyala terlalu lama, cukup 5-15 detik saja. Lalu, matikan juga bluetooth, GPRS, atau infrared Anda jika tidak digunakan. Jika tidak terlalu perlu, jangan sering-sering bermain game, mendengarkan, atau melakukan panggilan video.

2. Mati-hidup ponsel
Jangan terlalu sering menghidupkan atau mematikan ponsel Anda. Pasalnya, tenaga yang dibutuhkan untuk mencari kembali jaringan pelanggan sangat besar. Hal ini akan mengurangi waktu siaga ponsel Anda antara 1-2 jam.

3. Isi ulang ponsel
Jika baterai habis, segeralah isi ulang ponsel Anda hingga penuh. Agar baterai tidak mengembang atau memuai, pastikan untuk mencabut charger dari soket listrik dan kabel dari ponsel bila baterai sudah terisi penuh.

4. Aktifkan yang penting saja
Jangan aktifkan nada dering dan getar sekaligus karena akan menguras energi baterai, aktifkan salah satunya saja. Misalnya, saat berada di bioskop atau ruang rapat sebaiknya aktifkan getarnya saja. Namun, aktifkanlah nada dering saat berada di tempat publik, seperti mal, stasiun, dan bandara.

5. Simpan di tempat yang tepat
Letakkan ponsel Anda di tempat yang temperaturnya normal sehingga tidak terjadi kerusakan akibat suhu yang terlalu tinggi atau rendah. Misalnya, jangan letakkan ponsel di dalam mobil yang terkena matahari, di atas laptop, atau mesin game yang suhunya panas.

6. Jangan paksa ponsel ketika sulit sinyal
Sebaiknya matikan saja ponsel, jika Anda berada di daerah yang sulit mendapatkan sinyal. Sebab, ponsel akan terus berusaha mencari sinyal, sehingga mengakibatkan baterai menjadi boros.

Sumber: Kompas Klasika

0 komentar:

Posting Komentar