Pages

Kamis, 06 Mei 2010

Menangkis Serangan Rematik

Rematik adalah penyakit kelainan pada sendi yang menimbulkan nyeri dan kaku pada sendi, tulang dan jaringan ikat.
Beberapa mitos mengenai penyebab rematik seperti udara dingin atau sering mandi malam ternyata tidak benar tetapi kedua hal tersebut merupakan faktor yang memperberat penyakit tersebut. Penyebab pasti penyakit rematik sendiri hingga saat ini masih belum diketahui walaupun beberapa faktor seperti infeksi, genetik dan pengaruh kelenjar tubuh diduga turut berperan. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, walaupun lebih banyak menyerang mereka yang berusia 25 tahun sampai 55 tahun dan wanita beresiko terserang lebih tinggi hingga tiga kali lipat dibanding kaum pria.
Gejala serangan penyakit reumatik biasanya diawali dengan kelelahan, hilangnya nafsu makan, yang kemudian berkembang menjadi nyeri di daerah persendian, persendian terasa hangat, bengkak serta kaku setelah lama tidak beraktivitas. Daerah tangan, pergelangan tangan, siku, bahu dan lutut serta mata kaki adalah bagian yang paling banyak mendapat serangan meski bisa menyerang daerah paha serta leher. Beberapa gejala lain adalah demam ringan, seluruh tubuh terasa kaku dipagi hari yang mulai terasa dalam enam bulan terakhir sebelum diagnosa berpenyakit reumatik, kulit kemerahan serta kelenjar di daerah leher atau ketiak yang membengkak.
Jika gejala tidak segera ditangani maka reumatik bisa mempengaruhi bagian tubuh lain seperti pembuluh darah, jantung atau paru-paru.

Pencegahan Rematik
Untuk mencegah nyeri reumatik datang hindari makanan seperti jerohan atau emping melinjo,lakukan olahraga renang dan bersepeda secara rutin serta perhatikan sikap tubuh saat duduk, berdiri dan mengangkat barang agar tidak membebani tubuh.

Penanganan Rematik
  1. Mandi air hangat dengan air rebusan rimpang lengkuas bisa membantu mengurangi rasa nyeri akibat reumatik.
  2. Mengkonsumsi minyak ikan . Menurut penelitian yang dilakukan terhadap 90 orang penderita reumatik dan dipublikasikan dalam Natural Pharmacist, Amerika Serikat dapat membantu meringankan penyakit reumatik. Namun hindari mengkonsumsi dalam jumlah yang berlebihan untuk menghindari kelebihan vitamin A yang bisa berakibat buruk bagi kesehatan.
  3. Zat pereda rasa sakit dalam jahe bisa bermanfaat untuk mengatasi nyeri reumatik. Caranya minumlah air jahe hangat tiga kali sehari untuk mengurangi nyeri yang muncul.
  4. Mengatur pola makan dengan baik untuk mencegah seringnya nyeri. Caranya, perbanyaklah mengkonsumsi susu bebas lemak, jus jeruk dua cangkir sehari serta bokcoy, ubi, brokoli, labu serta wortel setengah matang. Selain itu konsumsi pula ikan dan tofu serta buah-buahan segar terutama apel, buah kering, jus anggur dan perbanyaklah minum air putih. Kurangi konsumsi daging, telur, ayam, bayam, terong, kopi, alkohol, kacang dan garam serta gula berlebihan.

Resep Herbal mengatasi Rematik

Resep 1
Daun dan batang meniran 3 batang, daun kumis kucing 17 lembar, daun sambiloto segar 7 lembar, temulawak 1 ruas (kira2 sebesar telur itik)

Gambar pohon meniran dari http://tanpapena.blogspot.com/

Cara membuat
Temulawak dikupas, dicuci bersih lalu diiris tipis-tipis. Rebus semua bahan dalam 5 gelas air sehingga tersisa 4 gelas. Angkat dan saring. Dosis pemakaian diminum 3 kali sehari 2/3 gelas setelah makan. Jangan gunakan ramuan ini pada ibu hamil. Setelah satu minggu lihat perkembangan jika membaik bisa diteruskan selama 1 minggu lagi, begitu seterusnya.

Resep 2
Jahe merah segar 25 gram, temulawak 20 gram, cabe jawa 20 gram, kumis kucing 30 gram, daun komfrey 25 gram



Cara membuat
Cuci bersih semua bahan. Iris tipis-tipis rimpang jahe merah dan temulawak. Rebus semua bahan dalam 4 gelas air hingga tersisi 2 gelas. Setelah mendidih angkat, dinginkan, lalu saring. Minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas. Bisa ditambahkan madu atau air jeruk nipis.

Resep 3
Adas 5 gr, pulosari 5 gr, daun sosor bebek 30 gr, gula aren secukupnya

Gambar daun pulosari dari http://resep-kuno.blogspot.com/

Cara membuat
Semua bahan direbus dalam 400 cc air hingga tersisa 200 cc lalu disaring dan diminum airnya dua kali sehari. Untuk obat oles tumbuklah adas dan daun senggugu segar. Balurkan pada bagian tubuh yang sakit

Resep 4
Sudah pernah di posting Disini
 
Sumber resep herbal dari buku 'Herbal Indonesia berkhasiat, bukti ilmiah dan cara racik, terbitan Trubus


0 komentar:

Posting Komentar