Pages

Sabtu, 17 April 2010

Tips Memilih dan Menyimpan Telur

Memilih Telur
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memilih telur dengan kualitas yang baik. Cara termudah yang dapat dilakukan adalah:
  1. Memeriksa kondisi cangkang telur. Jangan membeli telur dengan kondisi cangkang telah rusak. Kerusakan cangkang telur menyebabkan terkontaminasinya telur dengan bakteri sehingga dapat menurunkan bahkan merusak nilai gizi.
  2. Meneropong telur kearah sinar. Jika terdapat guratan merah atau kuning telur sudah 'pecah' jadi jangan pernah membeli telur yang keadaanya seperti ini.
  3. Memasukkan telur ke dalam larutan garam. Bila telur tenggelam dan membujur sejajar di dasar tempat larutan berarti menandakan kondisi telur masih baik.
  4. Melihat langsung dengan memecahkan cangkang telur. Apabila kuning telur masih utuh dan warnanya tidak berubah maka telur masih dalam kondisi bagus.

Gambar dari http://www.preventionindonesia.com/

Menyimpan Telur
Telur merupakan protein hewani yang mudah rusak. Kerusakan bisa diakibatkan oleh kontak fisik langsung, salah tempat penyimpanan atau terkontaminasi dengan bakteri. Agar telur yang anda beli tahan lama, atur telur dalam rak lemari pendingin dan atur temperatur antara 0,5 hingga 2,2 0C. Balik posisi telur tiap 2 hari sekali agar posisi kuning telur tetap ditengah. Jika tidak ada pendingin, simpan telur pada rak telur dalam suhu kamar. Dapat juga disimpan dengan dilapisi jerami.

Sumber: tabloid Koki 

0 komentar:

Posting Komentar